Pengenalan Trigonometri

Hello gan, kali ini saya akan memperkenalkan sedikit mengenai trigonometri. Menurut sumber wiki, Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur) adalah sebuah
cabang matematika yang berhadapan dengan sudut segitiga  dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus, dan tangen. Ada juga menurut sumber lain mengatakan bahwa Trigonometri adalah bagian dari ilmu matematika yang mempelajari tentang hubungan antara sisi dan sudut suatu segitiga serta fungsi dasar yang muncul dari relasi tersebut. Kalau menurut saya sih intinya trigonometri adalah ilmu matematika yang mempelejari tentang segitiga mengenai sisi dan sudutnya yang digunakan sebagai fungsi dasar dan relasi dalam suatu penghitungan matematika. Trigonometri sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari - hari. Berikut manfaatnya :
  • Menghitung sudut serang (angle of attack) yg paling optimal dari suatu peluncur senjata, agar mampu melontarkan projektil sejauh mungkin
  • Menentukan berapa gradien tertinggi dari suatu tanjakan di jalan umum di pegunungan, agar semua kendaraan dapat melewatinya dgn selamat dan juga dapat digunakan untuk Geografi untuk mengukur jarak antar tempat.
  • Menghitung berapa "lift firce" atau tenaga angkat suatu sayap profil pesawat dgn kecepatan tertentu yg tidak boleh dilewati. Bila nilai ini dilewati, maka pesawat akan mengalami stall (jatuh karena tdk memliliki daya angkat), khususnya perhitungan ini diperlukan pada pesawat pemburu.
  • Arsitek juga menggunakannya dlm mengukur tinggi suatu bangunan
Sekian untuk lanjutnya silahkan klik link di bawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar